Thursday, March 21, 2013

CERITA PERJALANAN KE SURABAYA


CERITA PERJALANAN KE SURABAYA

Haii,,, para pembaca blog Qu,,,, sebelumnya salam kenal yaa untuk kalian semua JJJ,,, kali ini sebelum bercerita aku akan memperkenalkan diri dulu yach,, nama ku ramadhania tapi teman-teman ku dan sahabat-sahabat ku memanggil aku dengan sebutan “NIA”,, aku kuliah di univerisitas gunadarma jurusan akuntansi dan sekarang aku sudah semester 8 loch,, bentar lagi aku akan lulus (AMIIN YA RAAB)..

Naaah,,, setelah perkenalan,,, aku akan bercerita kepada kalian semua tentang perjalan ku ini ke surabaya JJJ..
Mungkin kalian semua sudah ada yang penah ke Surabaya bukan ,, atau bahkan sering kesana... tapi buat ku ini merupakan perjalanan yang bener-bener pertama kali aku lakukan selama aku berusia 23 tahun..

Pasti kalian semua bertanya,, kok bisa selama 23 tahun tidak pernah ke kota itu??????? .... Semua itu bisa terjadi di karenakan ke dua orang tua ku udah lama tinggal di jakarta,,, meski mama ku orang Mojowarno tapi semua keluarganya sudah tinggal dan hidup di jakarta,, demikian juga ayah ku yang dari lahirnya pun sudah di jakarta alias (orang betawi asli) hehehehe...
Makanya aku dan ke tiga kakak ku belum penah sama sekali menginjakkan kaki ke kota surabaya,,, sampai pada saat itu tiba,,, Tepatnya sesudah Hari Raya Idul fitri tahun kemaren..

Awal mula aku, orang tua ku dan kedua kakak ku yang lain sebut saja (Kak Dini & Kak Syifa) bisa memutuskan pegi ke surabaya di karenakan kakak ku yang nomer Satu sebut saja namany (Kak Silvie) dan sudah menikah itu ikut dengan suaminya tinggal sementara disana dikarenakan suaminya mendapat rollingan tugas ke surabaya selama 2 tahun.
Untuk itulah aku, orang tua ku dan kedua kakak ku memutuskan untuk libur lebaran kesana sekalian menengok kak Vie & suaminya..
Perjalanan pun di mulai tepatnya setelah 3 hari lebaran di Jakarta aku, orang tuaku dan kedua kakak ku  berangkat ke Surabaya... pemberangkatan itu di mulai dari stasiun gambir dengan menggunakan kereta api sembrani... Engga kebayang di benak qu yang biasanya aku naek kereta hanya jurusan ke jakarta,,,ini malah jurusan ke surabayaa.... waaahh,,,,, bener-bener pengalaman ku yang pertama ahahahaha ....

Saat pertama masuk ke dalam kereta yang ada di bayangan qu adalah kursi panjang yang berjejer di dinding kereta dan berhadap-hadapan,, seperti kereta yang pada umumnya saya naiki ... tapi ternyata bayangan qu itu salaah,,,kursi yang terdapat didalamnya seperti bus,, satu baris untuk dua orang dan semua berhadap kedepan tidak ada satupun kursi yang berjejer panjang di dinding kereta dan berhadap-hadapan..
Akhirnya kami duduk sesuai dengan nomer tempat duduk masing-masing ,,, sedangkan untuk pemandangannya hampir sama kalo kita naek kereta ke jakarta... setelah memakan waktu kurang lebih 12jam,, akhirnya kami semua sampai di stasiun pasar turi surabaya yang disambut oleh penawar jasa angkutan..

Kami pun memutuskan untuk naek taXi menuju probolinggo yaitu tempat tinggal kakak qu... Di sepanjang jalan mata ini tidak berkedip untuk melihat-lihat kondisi kota surabaya,, maklum baru pertama kali hehehe...
Dan kesan pertama ku adalah bahwa Surabaya tidak beda jauh dengan jakarta. Kota yang ramai , modern dan banyak gedung-gedung tinggi,, dengan udara yang tidak jauh berbeda pula dengan jakarta huhuhu LL...
Mungkin yang membedakan di Surabaya masih ada becak dan tentunya bahasa yang digunakanny berbeda dengan jakarta,, yaitu bahasa Jawa,, yang aku sama skali tak mengerti artinya hehehehe...

Saat perjalanan menuju Probolinggo aku melewati Porong Sidoarjo,, tempat yang sekarang di penuhi oleh lumpur yang telah menenggelamkan beberapa desa dan sekarang di buat seperti bendungan. Satu hal yang aku baru ketahui ternyata tempat lumpur itu di jadikan objek wisata dengan nama WISATA LUMPUR,,,bahkan ada jasa ojek untuk orang yang ingin mengitari sekeliling lumpur...
Tidak disangka yaaa,, ternyata masyarakat disana sangat kreatif,,, sampai-sampai tempat yang tadinya terkena musibah sekarang malah di jadikan tempat obyek wisata lumpur...

Setelah melakukan perjalanan yang panjang,,, akhirnya kami semua sampai juga di rumah kakak kedua ku yaitu kak silvie,,,, pas sampai disana kakak ku itu langsung menyambut kami semua dengan rasa senang dan bahagia pastinya ahahahaha JJ...
Tapi pass kakak qu itu menawarkan makanan ,, aku menemukan hal baru lagi loch,,,, yaitu mengenai otak-otak,,, yang aku tahu selama ini otak-otak itu terbuat dari ikan yang di campur tepung yang ikannya itu berasal dari ikan tenggiri...
Wooouww,,,,tapi ternyata pemikiran aku itu salaah ,,, otak-otak versi masyarakat surabaya adalah ikan bandeng yang di keluarkan isi dagingnya tetapi tidak sampai merusak kulit bandeng dan rangka bandeng,,, lalu dagingnya di haluskan dan diberi bumbu yang kemudian di masukan lagi ke dalam bandeng yang rangkany masih di biarkan utuh,,, yang setelah itu di kukus dan di bakaaar.....
Dan pas aku coba,,, eemmmm,,,, rasanyaa benar-benar enak,,, lebih enak di banding dengan otak-otak yang penah saya makan di jakarta.... sampai-sampai mulut qu ini rasanya tidak mau berhenti untuk memakan otak-otak bandeng ini hehehehe JJJ....

Setelah 2 hari berada di rumah kak vie,, akhirnya kami semua pun memutuskan untuk berjalan-jalan ke tempat-tempat yang menarik di surabaya.. malam harinya kami semua berjalan-jalan ke jembatan suramadu untuk berfoto-foto,, setelah cape berfoto-foto kami pun pergi ketempat lainya untuk mencoba masakkan khas surabaya.. setelah perut kami kenyang akhirnya kami pulan dan beristirahat..
Besok sorenya kami pun berjalan-jalan lagi,,tempat yang kami tuju adalah mesjid Cheng Hoo,, saat melihat mesjid ini aku benar-benar takjub,,di karenakan bentuknya yang unik menyerupai klenteng yang arsitekturnya itu bergaya arab, cina dan jawa.. meskipun mesjid Cheng Hoo tidak terlalu besar tapi banyak sekali para wisatawan yang dateng kesana untuk melihat mesjid Cheng Hoo..
Setelah lelah berjalan-jalan,, kami pun pulang kerumah kak vie untuk beristirahat dan mengepakan barang-barang kami di karenakan besok paginya aku, orang tua ku dan kedua kakak ku harus pulang ke jakarta dengan naik kereta api dari stasiun pasar turi surabaya...
Setelah seminggu disana akhirnya kami pun balik ke jakarta dikarenakan ayah dan kedua kakak ku yang masa cutinya sudah habis dan aku harus mulai melakukan aktifitas rutin ku di kampus.. meskipun masa liburan ku cukup singkat,, tapi aku sangat bersyukur masih bisa berkumpul dengan org tua ku dan kakak-kakak ku semua,, perpisahan kali ini sangat sedih karena harus berpisah dengan kakak ku yaitu ka vie..

Demikian lah Cerita Perjalanan ku ke surabaya bersama kedua orang tua dan kakak-kakak quu... Thanks all yaa karena telah membaca perjalanan ku ini...JJJ

3 comments:

  1. cerita yg bagus dan mengharukan....aku belum pernah berpisah sama saudara2ku meskipun mereka sudah berkeluarga....semuanya menetap di surabaya

    ReplyDelete
  2. HIKMAH ASIA BATAM TOUR & TRAVEL
    PT. BIRO PERJALANAN HIKMAH ASIA BATAM
    JL. NURUL IKHLAS BLOK D NO.2 BENGKONG SADAI
    OFFICE : 0778-7413199 FAX : 0778-7413198
    EMAIL : hikmahasiabatamtour@gmail.com
    Contact Person : 081372924193 / 081372891331 (sdr. Anto)
    melayani perjalanan tour ke singapore malaysia thailand hongkong dll

    ReplyDelete